Perbedaan TOEFL dan IELTS

 Perbedaan TOEFL dan IELTS

Ketika membaca persyaratan kuliah atau program beasiswa, khususnya di luar negeri, umumnya kita harus melampirkan sertifikat Test of English as a Foreign Language (TOEFL) atau International English Language Testing System (IELTS). Sebenarnya, apa perbedaan TOEFL dan IELTS tersebut?

Kedua instrumen ini sama-sama digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tidak heran, hasil kedua tes tersebut sering dijadikan sebagai persyaratan untuk mengajukan beasiswa, melanjutkan sekolah ke luar negeri, hingga untuk melamar pekerjaan.

Namun, kedua tes ini sebenarnya memiliki beberapa perbedaan. Bagi kamu yang masih bingung dan belum ada gambaran, simak penjelasan di bawah ini, seperti dikutip dari Belajar Inggris, Kamis (23/4/2015).

1. Organisasi pengembang

Meski sama-sama untuk mengukur kemampuan bahasa inggris, baik TOEFL maupun IELTS diprakarsai oleh pengembang yang berbeda. TOEFL adalah besutan dari Educational Testing Service (ETS), suatu organisasi dari Amerika Serikat. Sedangkan IELTS dikembangkan berdasarkan kerjasama antara British Council University of Cambridge dan IELTS Australia.

2. Tujuan

TOEFL biasanya digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam konteks American English. Sementara itu, IELTS lebih digunakan untuk menguji kemampuan bahasa inggris dalam konteks British English.

3. Materi ujian

Secara keseluruhan, kemampuan yang diujikan pada TOEFL maupun IELTS sama, yaitu meliputi kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Namun skor TOEFL biasanya digunakan untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris dalam konteks bahasa Inggris tersebut adalah bahasa utama yang digunakan sehari-hari.

Sedangkan, untuk IELTS lebih dirancang untuk orang yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. Tes ini telah diakui di berbagai institusi pendidikan dan badan profesional di berbagai negara. Dalam praktiknya, terdapat dua versi tes pada IELTS, yaitu versi umum dan akademis. Sementara itu, TOEFL hanya memiliki satu versi tes.

4. Teknis

Pelaksanaan tes IELTS memakan waktu dua jam 45 menit. Karena IELTS memiliki dua versi tes, yaitu umum dan akademis, jadi terdapat perbedaan tes antara kedua versi tersebut. Untuk tes mendengar dan berbicara relatif sama, namun untuk tes menulis dan membaca antara kedua versi tes tersebut memiliki penekanan materi yang berbeda. Sementara itu, TOEFL hanya menggunakan satu versi tes dan memakan waktu 4 jam dalam pelaksanaannya.

5. Skor

Rentang skor IELTS adalah dari skala 0 -9. Untuk mendaftar program sarjana, setidaknya dibutuhkan skor antara 6.0 - 6.5 agar bisa lolos. Sementara itu, rentang skor TOELF terbagi menjadi dua, yaitu tes online dan tertulis. Jika tes online, maka rentang skor berkisar antara 0 - 120 sedangkan pada tes tertulis antara 310 - 677.

Berdasarkan rentang skor TOEFL tersebut, skor standar yang digunakan oleh perguruan tinggi di seluruh dunia umumnya yaitu sekitar 79 - 80 untuk TOEFL online. Skor tersebut setara dengan skor sebesar 550 untuk TOEFL yang dilakukan secara tertulis.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perbedaan TOEFL dan IELTS"

Budayakanlah membaca dan menulis komentar.

 
Powered By Blogger
Back To Top